Panduan Bisnis, Ini Metode Pengajuan Hak Merek dan Tarifnya

Mengawali bisnis bukan hanya menguatkan modal, namun pula memastikan merk produk yang hendak dijual. Nah, sehabis memastikan merk, selaku pebisnis dini pula wajib lekas mematenkan hak mereknya supaya tidak diambil orang lain. Berikut panduan mengajukan hak merk? Mendaftarkan hak merk berarti buat dicoba di tengah bersemangat warga Indonesia yang lumayan besar dalam berbisnis.

Tingginya jumlah unit UMKM yang terdapat membuat para pengusaha memerlukan konsumsi merk buat membedakan tipe usahanya dengan pihak lain hak merek .

Bersumber pada uraian Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual( DJKI), merk merupakan ciri yang bisa ditampilkan secara grafis buat membedakan benda ataupun jasa yang dibuat oleh orang ataupun tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan.

Bersumber pada uraian Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual( DJKI), merk merupakan ciri yang bisa ditampilkan secara grafis buat membedakan benda ataupun jasa yang dibuat oleh orang ataupun tubuh hukum dalam aktivitas perdagangan.

Merk dapat berbentuk foto, logo, nama, kata, huruf, angka, ataupun lapisan warna, dalam wujud 2 ukuran ataupun 3 ukuran, suara, hologram, sampai campuran di antara lain.

Postingan ini sudah tayang di Bisnis. com dengan judul” Panduan Bisnis, Ini Metode Pengajuan Hak Merk dan Tarifnya”,

Legalisasi hak merk pula bisa jadi dasar penolakan bila terdapat pihak lain yang mau mendaftarkan merk yang sama ataupun menghindari orang lain buat memanfaatkannya.

Tetapi terdapat beberapa merk yang tidak bisa didaftarkan semacam, Awal, berlawanan dengan pandangan hidup negeri, undang- undang, moralitas, agama, kesusilaan, serta kedisiplinan universal. Kedua, tidak perinci ataupun ialah simbol yang sangat universal. Ketiga, merk yang mau didaftarkan memiliki kemampuan buat menyesatkan warga. Umumnya perihal ini berkaitan tentang asal, mutu, tipe, dimensi, serta tujuan pemakaian. Antara benda ataupun jasa yang ditawarkan dengan merk yang mau didaftarkan wajib terdapat kesesuaian. Saat sebelum melaksanakan registrasi merk, hendaknya cek dahulu di direktori DJKI apakah merk yang mau diajukan belum didaftarkan oleh pihak lain.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rontok Herbal

Bayaran Registrasi Merk Registrasi hak merk bisa dicoba dengan menghadiri kantor daerah Departemen Hukum serta HAM Republik Indonesia terdekat. Sesungguhnya, terdapat 2 metode buat mendaftarkan hak merk antara lain, secara manual ataupun dalam jaringan( daring). Bayaran catatan hak merk via daring lebih murah semacam, buat UMKM senilai Rp500. 000 per kelas, sebaliknya secara manual Rp600. 000 per kelas. Kemudian, tarif hak merk buat golongan universal semacam, korporasi hingga usaha yang tidak terkategori UMKM, secara online senilai Rp1, 8 juta per kelas, sebaliknya manual Rp2 juta per kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *