Nganggur Karena Wabah Corona? Tetap Semangat Dan Simak 8 Tips Ini Untuk Mencari Pekerjaan Baru

Nganggur Karena Wabah Corona? Tetap Semangat Dan Simak 8 Tips Ini Untuk Mencari Pekerjaan Baru

Wabah virus Corona memengaruhi banyak sektor kehidupan. Salah satunya adalah di bidang ekonomi. Akibat virus yang berasal dari Wuhan ini, tidak sedikit perusahaan yang gulung tikar. Akibatnya, beragam perusahaan menentukan untuk merumahkan karyawannya bahkan ada yang lakukan pemutusan interaksi kerja (PHK).

Apakah Anda terhitung jadi korban PHK akibat pandemi ini? Jika iya, sebaiknya senantiasa tenang dan tak kudu putus asa. Sebab tetap ada banyak perusahaan di beragam industri yang membuka lowongan pekerjaan. Tinggal bagaimana cara Anda untuk menyita kesempatan tersebut.

Selagi merintis karantina independent dan berdiam diri di rumah, tak ada salahnya untuk senantiasa melamar pekerjaan. Siapa paham Anda untungkan dan diterima kerja supaya senantiasa dapat meraup penghasilan di tengah krisis ini. Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum sebagian tips mencari kerja di tengah Pandemi Corona. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya selanjutnya ini.

(wk/eval)
1. Bersabar Dan Jangan Frustasi lowongan kerja
Bersabar dan Jangan Frustasi
Setelah dirumahkan atau di-PHK, tidak sedikit orang yang mulai frustasi dan bersedih. Hal ini lumrah adanya, dikarenakan tiba- tiba mereka kudu kehilangan sumber penghasilan. Sementara di tempat tinggal ada keluarga yang kudu dinafkahi.

Meski demikian, sebaiknya Anda berupaya sabar dan tidak mudah putus asa. Karena terkecuali mulai frustasi, Anda dapat mulai lebih ada problem di dalam mencari jalur terlihat kasus ini. Faktanya, tetap ada banyak perusahaan yang lakukan perekrutan pegawai. Alih-alih larut di dalam kesedihan, sebaiknya mulai bangkit dan terus berdoa.

2. Tetap Melamar Ke Berbagai Perusahaan
Tetap Melamar ke Berbagai Perusahaan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di situasi pas ini tetap ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Hal ini dikarenakan perekonomian terus bergerak dan tentunya tetap ada perusahaan yang memerlukan karyawan baru. Yang kudu Anda lakukan adalah teratur mengecek lowongan pekerjaan di beragam situs, aplikasi maupun fasilitas sosial.

Tapi ingat, jangan lupa untuk mengecek dan meyakinkan bagaimana situasi perusahaan yang Anda lamar ya. Jangan sembrono pilih perusahaan dan lebih berhati-hati di dalam memasukkan aplikasi lamaran untuk menjauhkan penipuan. Menurut Forbes, ada sebagian industri yang berpotensi membuka lowongan pekerjaan, layaknya supermarket berjejaring, farmasi dan dunia teknologi. Jadi jangan berkecil hati dan senantiasa cari kesempatan kerja secara online.

3. Tonjolkan Kemampuan Dan Pengalaman Kerja Remote
Tonjolkan Kemampuan dan Pengalaman Kerja Remote
Shutterstock
Dalam menyusun resume, sebaiknya sesuaikan dengan situasi pas ini. Jika Anda miliki pengalaman kerja remote atau proses bekerja dari mana saja, sebaiknya cantumkan hal itu di dalam resume Anda. Perusahaan dapat lebih perhitungkan lamaran Anda dan beranggap Anda dapat bekerja secara produktif meski tidak tengah bekerja di kantor dan diawasi langsung oleh perusahaan.

Jangan lupa terhitung untuk menonjolkan kekuatan Anda di dalam bekerja jarak jauh. Tuliskan beragam soft skill yang Anda miliki, layaknya kekuatan di dalam beradaptasi, kreativitas dan produktivitas. Selain itu, melampirkan penekanan bakat tehnis di di dalam surat lamaran dikarenakan proses kerja jarak jauh kerap menuntut panggilan konferensi maupun rapat via video.

4. Usahakan Fokus Di Bidang Digital
Usahakan Fokus di Bidang Digital
Pekerjaan yang memerlukan skill fisik tampaknya lebih sulit dikarenakan situasi yang tidak cukup kondusif pas ini. Apalagi proses WFH (Work From Home) menyebabkan sepenuhnya kerja serba digital. Oleh dikarenakan itu, sebaiknya asah kemampuanmu dan fokuslah mencari kerja di bidang digital.

Saat ini ada banyak perusahaan yang mulai beralih ke bidang digital dan memerlukan karyawan untuk pekerjaan digital marketing, admin, social fasilitas manager dan tetap banyak lagi. Selebihnya, anda tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *