Menulis Lagu

Menulis lagu menjadi lebih mudah jika Anda memahami dasar-dasar menulis lagu. Baik itu pop, hip hop, rap, atau rock, beberapa elemen dasar penulisan lagu adalah konstan. Beberapa dari komponen struktural ini dibahas di bawah ini.

Memahami Konsep Lagu
Menulis lagu berarti mengetahui ketujuh elemen struktur lagu dengan cara sebaik mungkin. Setelah elemen jelas, struktur tata letak adalah hal penting berikutnya. Struktur tata letak dalam sebuah lagu adalah cara tertentu sebuah lagu ditulis.

Tata Letak untuk Lagu
Banyak tata letak yang dapat digunakan saat menulis lagu.
• Tata letak ABA: Tata letak ini adalah tata letak yang paling umum: Verse – Chorus – Verse. Lagu dengan tata letak ini dibuka di sebuah bait, mengarah ke bagian refrain, dan kemudian ke bait lainnya. Ini adalah metode penulisan yang sangat umum dan sebagian besar lagu ada dalam tata letak ini.
• Tata letak AABA: Tata letak ini tidak begitu umum, tetapi sering digunakan dalam lagu: Verse – Verse – Bridge – Verse. Ini paling dikenal sebagai tata letak lagu 32-bar. Bagian dari lagu yang paling umum memiliki panjang 8 bar. Lagu-lagu dalam tata letak ini, dimulai dengan satu ayat, diikuti oleh ayat lain, menjembatani di tengah, dan akhirnya mengarah ke ayat lain.
• Tata letak lanjutan: Ada beberapa tata letak lanjutan dalam musik. Lagu dapat dibuat menggunakan salah satu tata letak ini.

1. Tata Letak 1: Intro – Verse – Chorus – Verse – Chorus – Bridge -Verse (pendek) – Chorus – Outro
2. Tata Letak 2: Verse – Chorus – Break – Verse – Chorus – Break – Bridge – Chorus – Outro
3. Tata Letak 3: Intro – Ayat – Paduan Suara – Ayat – Paduan Suara – Jembatan – Paduan Suara – Paduan Suara
4. Tata Letak 4: Intro – Verse – Break – Chorus – Verse – Break – Bridge – Break –

Chorus – Chorus
Dengan kombinasi ini, menulis lagu menjadi mudah. Cara terbaik adalah mengambil lagu, mengidentifikasi tata letaknya, dan menerapkan pendapatan dalam lagu tersebut.

Peran Intro dalam sebuah Lagu
Untuk menulis lagu, memahami peran pengantar sangatlah penting. Pengenalan adalah wajah pertama dari lagu tersebut. Tentang apa ini? Pesan apa yang dibawanya? Siapa target audiensnya? Dengan kalimat pengait yang bagus di bagian intro, jenis lagu ini dapat menduduki puncak tangga lagu segera setelah didengarkan.

Untuk mendengarkan lagu secara offline di smartphone, Anda bisa download lagu mp3 di situs Gudang Lagu Stafaband yang bisa download lagu super cepat dan terbaik, gratis dan terpercaya.

Menambahkan Intro ke Lagu:
• Intro singkat: Hanya perlu sekitar sepuluh detik untuk memahami cita rasa lagu tersebut. Intro harus pendek dan sederhana.
• Berikan sedikit rasa: Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan melodi inti atau pengait ke dalam intro. Intro seperti cuplikan film. Jika itu bagus, maka lagunya hampir terjual.

Menulis lagu dengan mengingat poin-poin ini akan membantu Anda menghasilkan lagu yang ditulis dengan baik. Pengetahuan tentang mendongeng juga membantu. Seperti semua jenis tulisan, revisi dan edit serta pertimbangkan untuk bekerja dengan rekan penulis atau penulis bayangan untuk disewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *