Kotak Kit Kat: Makanan dan minuman dengan bentuk bermerek dagang

Nestle telah kalah dalam pertempuran untuk merek dagang bentuk empat jari dari Kit Kat – sesuatu yang telah mereka coba lakukan selama lebih dari satu dekade.

Perusahaan memiliki alasan untuk berharap, dengan merek dagang dan paten yang ada untuk banyak bentuk makanan dan minuman di seluruh dunia.

Di Inggris, salah satu contoh paling ikonik adalah jus lemon Jif.

Makanan pokok panekuk, jus lemon Jif langsung dapat dikenali.

Tetapi untuk periode singkat di akhir 1980-an, bentuknya menghadapi persaingan dari merek Amerika, RealLemon, dengan kemasan yang sangat mirip.

Kasus hukum yang melibatkan jus lemon Jif menciptakan tes tiga bagian untuk “lulus” – ketika sebuah bisnis atau merek berusaha untuk menyamar sebagai barang atau jasa pihak lain sebagai milik mereka.
Meskipun tidak memiliki merek dagang terdaftar untuk bentuknya, House of Lords memutuskan bahwa Jif cukup dikenali untuk merasa bahwa itu disalahartikan oleh perusahaan Amerika, dan hal itu dapat merugikan keuntungan Jif.

RealLemon tidak dilarang memproduksi kemasan yang tampak seperti lemon palsu – lemon hanya harus berbeda dari kemasan Jif.

Toblerone
Sementara Kit Kat gagal memenuhi kriteria yang diperlukan untuk merek dagang suatu bentuk, Toblerone sebelumnya berhasil.

Diputuskan bahwa bentuk segitiga batang coklat saja sudah cukup berbeda untuk mengidentifikasinya sebagai Toblerone.

Bentuk cokelat juga dianggap sentral untuk iklannya – “terbuat dari almond segitiga dari pohon segitiga, madu segitiga, dari lebah segitiga”, demikian iklan tahun 1990-an yang terkenal.

Ini tidak berjalan mulus untuk batangan coklat Swiss – Poundland baru-baru ini mencoba mengklaim bahwa setelah sedikit perubahan pada batangan mereka, bentuk Toblerone tidak lagi berbeda.

Poundland akhirnya setuju untuk mendesain ulang bar Twin Peaks-nya

Botol kontur Coca-Cola
Coca-Cola adalah salah satu yang mendapatkan keuntungan dari kekhasan desainnya.

Bentuknya yang terkenal pertama kali diperkenalkan pada tahun 1916 setelah adanya peringatan bahwa botol bersisi lurus asli Coke sedang disalahartikan sebagai peniru.

Botol kontur pertama kali bermerek dagang pada tahun 1960, dengan versi botol dengan tulisan Coca-Cola.

Tetapi pada tahun 1977 diputuskan bahwa bentuk botol saja sudah cukup untuk mengidentifikasinya sebagai Coke, yang mengarah ke merek dagang kedua.

Sejak itu memiliki merek dagang untuk versi botol berkonturnya tanpa lekukan yang ditolak.

Pringles
Apa bentuk Pringle? Satu yang cukup dapat diidentifikasi untuk dijadikan merek dagang.

Patennya diberikan pada tahun 1976, untuk “lembaran adonan” yang dapat “dipotong menjadi potongan elips dengan ukuran dan bentuk yang mendekati irisan kentang dan kemudian digoreng dengan alat penggorengan keripik konvensional”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *